@perpusftugm | perpustakaan ft ugm

"brings you to the learning community"

Archive for 2013


Acara di akhir tahun 2013

Tahun 2013 segera berakhir. Sebelum menyampaikan laporan tahunannya, perpustakaan FT UGM menggelar  acara di akhir tahun 2013 ini. Acara tersebut adalah  Engineering English Club (EEC).

EEC dilaksanakan Jum’at (20/12) di Ruang E-Lib Perpustakaan FT UGM. Hadir 20-an mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil sebagai PIC EEC ke-2, Teknik Mesin dan Industri dan Teknik Fisika. Acara EEC ke-2 ini dimulai dengan permainan sederhana dalam bahasa inggris, kemudian presentasi tentang “Pekan Kondom Nasional” yang menjadi tema EEC ke-2, disambung dengan diskusi perkelompok dan presentasi dari tiap kelompok.

Pada akhir acara dilaksanakan evaluasi acara terkait dengan tema, waktu, publikasi dan penentuan PIC ECC ke-3. EEC ke-3 akan dilaksanakan setelah ujian akhir semester dengan PIC English Club Jurusan Teknik Mesin.

See u next year…

LibX, shortcut untuk pencarian koleksi di FT UGM

LibX merupakan add-ons untuk browser firefox dan chrome. Dengan menginstall aplikasi ini maka pencarian ke dalam katalog perpustakaan dapat dilakukan langsung melalui laman firefox tanpa harus masuk lebih dahulu ke url katalog.
LibX dapat diinstall di Firefox dan Chrome. Untuk versi katalog perpustakaan FT UGM, silakan klik url dibawah ini sesuai dengan browser yang anda miliki:
Firefox: klik
Chrome: klik

Setelah klik, anda akan diminta untuk mengunduh dan install, kemudian restart. Setelah browser terbuka, lihat pada toolbar browser jika ada logo UGM maka anda telah berhasil. Klik saja logo tersebut dan lakukan pencarian koleksi.

Library English Club @Perpustakaan FT UGM

Kamis sore, 28 November 2013 mulai 16.00 s.d. 17.30 diadakan acara “English Conversation Class” di Perpustakaan FT UGM. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara English Club di jurusan seputar FT UGM bersama dengan Perpustakaan FT UGM.

Hadir 24 mahasiswa yang mewakili english club jurusan atau mahasiswa yang belum bergabung dengan english club, dari tingkatan S1, S2 dan S3 di FT UGM. English Club dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Geodesi hadir dalam acara ini.

Acara sore itu adalah perkenalan + mematangkan konsep. Perkenalan dipimpin oleh Dyah Yunitasari dari Teknik Mesin. Setelah semua memperkenalkan diri, selanjutnya diskusi terkait konsep dipimpin Purwoko (Perpustakaan FT UGM). “acara ini ditujukan untuk semua civitas FT UGM. Mahasiswa dari berbagai tingkatan, maupun staf bisa bergabung. Intinya adalah agar kita bisa berani bicara dengan bahasa Inggris”, jelas Purwoko. “Yang mahir bicara dalam bahasa Inggris bisa berbagi dengan yang belum mahir, untuk yang belum mahir agar dapat meningkatkan percaya diri bicara dalam bahasa Inggris”, lanjut Purwoko.

Beberapa hasil diskusi klik di sini

[berita] Diskusi buku “Anak Dusun Keliling Dunia”

Untuk pertama kalinya perpustakaan Fakultas Teknik UGM (FT UGM) menyelengarakan diskusi bedah buku. Buku berjudul “Anak Dusun Keliling Dunia” menjadi buku pertama yang dibedah. Acara ini dilaksanakan di ruang elibrary lantai dua perpustakaan FT UGM pada hari kamis 14 November 2013 jam 10.00-12.00 WIB.

Buku ini mengupas pengalaman pengarang berkunjung keberbagai Negara,tips mencari beasiswa keluar negeri, dan teknik presentasi. Hadir dalam acara ini I Made Andi Arsana selaku penulis buku sekaligus dosen Jurusan Teknik Geodesi.

Peserta yang hadir didominasi mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Andi Arsana mengatakan senang sekali dengan acara diskusi ini karena diikuti mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, dengan acara diskusi semacam ini dapat saling berbagi ilmu pengetahuan. Hal senada juga diungkapkan salah satu peserta, Bagas (Teknik Geodesi UGM), “semoga kedepannya perpustakaan FT sering mengadakan acara diskusi semacam ini”. (YUS)

Diskusi buku “Anak Dusun Keliling Dunia”, karya I Made Andi Arsana (Dosen Teknik Geodesi UGM)

“Anak Dusun Keliling Dunia” (http://madeandi.com/2013/08/28/mari-keliling-dunia/), buku ini ditulis oleh dosen Jurusan Teknik Geodesi UGM, I Made Andi Arsana (http://acadstaff.ugm.ac.id/arsana).

Buku ini merupakan buku yang menggugah inspirasi dan semangat. Menceritakan perjuangan penulis membangun mimpinya untuk keliling dunia, meskipun penulis lahir dari keluarga penambang padas di dusun terpencil. Keberanian menyampaikan gagasan, menjadi titik balik kehidupannya.  Gagasan yang dilontarkan, membuat dunia meliriknya dan kemudian mengundang mengisi berbagai kegiatan ilmiah.
“Dengan dilengkapi tips membuat presentasi yang memikat, mendapatkan dana beasiswa di luar negeri, informasi konferensi ilmiah, maka buku ini layak dibaca siapapun terutama kaum akademik”, demikian disampaikan A Rusliyanto (mahasiswa Aqidah Filsafat UIN Sukijo dalam resensinya yang dimuat di harian Tribun Jogja).

Perpustakaan Fakultas Teknik UGM akan mengundang penulisnya langsung untuk mendiskusikan buku ini sekaligus berbagi berbagai tips beasiswa, presentasi konferensi, penyampaian ide, presentasi dan lainnya. Kegiatan akan dilaksanakan di Perpustakaan FT UGM pada hari Kamis, 14 November 2013 jam 09.00 sd 12.00 pagi.

Acara ini Gratis.

Bagi mahasiswa FT UGM, jangan lewatkan… siapa tahu anda juga dapat keliling dunia….Pendaftaran di Fronft-office Perpustakaan FT UGM (Isnaini Syamsiati).

Poster tersedia di http://lib.ft.ugm.ac.id/download/madeandipublikasi.pdf

Buku ini merupakan buku yang menggugah inspirasi dan semangat. Menceritakan perjuangan penulis membangun mimpinya untuk keliling dunia, meskipun penulis lahir dari keluarga penambang padas di dusun terpencil. Keberanian menyampaikan gagasan, menjadi titik balik kehidupannya. Gagasan yang dilontarkan, membuat dunia meliriknya dan kemudian mengundang mengisi berbagai kegiatan ilmiah.

Dengan dilengkapi tips membuat presentasi yang memikat, mendapatkan dana beasiswa di luar negeri, informasi konferensi ilmiah, maka buku ini layak dibaca siapapun terutama kaum akademik”, demikian disampaikan A Rusliyanto (mahasiswa Aqidah Filsafat UIN Sukijo dalam resensinya).

Workshop IEEEXplore dan Impact Factor Jurnal Internasional

Untuk lebih mengenalkan jurnal yang dilanggan UPT Perpustakaan UGM kepada mahasiswa pasca sarjana, Perpustakaan Fakulats Teknik UGM mengadakan workshop dengan materi mengakses dan mengirim artikel ke IEEE Explore serta Impact factor yang membahas tentang penilaian jurnal, di mana mahasiswa bisa mengirim artikel, tips mengirim jurnal.

Adapun pembicara workshop ini adalah Mr. Barry Edmond dan Mr. Edward Kennedy dari IEEEXplore serta Muslim Mahardika, Ph.D. dari Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 29 oktober 2013 dari pukul 09.00 s.d. 12.00. Peserta workshop ini sebagian besar adalah mahasiswa S3 FT UGM, selain itu terdapat pustakawan dan staf.

Hadir untuk membuka acara ini Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. Dalam sambutannya Panut Mulyono mengatakan bahwa “dengan adanya workshop ini akan memberikan pengetahuan terkait dengan jurnal-jurnal internasional dan impact factor yang digunakan untuk mengolongkan kwalitas jurnal”.(yus)

Materi presentasi dapat diunduh di sini

Metodology Corner: koleksi khusus metode penelitian

Meneliti merupakan tugas yang harus diemban oleh akademisi. Mahasiswa, dalam menyelesaikan tugas belajarnya juga diakhiri dengan meneliti.
Bagaimana cara meneliti?
Perpustakaan MPKD Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan mempunyai berbagai koleksi khusus referensi metode penelitian yang disatukan dalam rak khusus yang diberi nama “metodology corner”. Koleksi buku metodologi ini merupakan koleksi pribadi para dosen Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan yang ditempatkan di perpustakaan MPKD. Bagi anda yang membutuhkan koleksi tersebut, dapat berkunjung ke perpustakaan MPKD. Koleksi metodologi ini hanya untuk dibaca di tempat.
Silakan unduh daftar koleksi metodologi tersebut di sini

Layanan Tesis Digital di Perpustakaan MPKD FT UGM

Terhitung mulai September 2013 ruang referensi Magister Perencanaan Kota dan Daerah (MPKD) Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan menyediakan layanan untuk mahasiswa berupa E-Thesis.

Dengan layanan ini mahasiswa dapat membaca tesis lewat media komputer yang tersedia menggunakan program E-Prints. Disediakan  5 unit komputer untuk mengaksesnya . Layanan ini hanya bisa diakses di dalam lingkup referensi MPKD, dan untuk sementara data tesis yang bisa di baca lewat E-thesis masih terbatas dari thesis kelulusan tahun 2005-2013. Tesis yang lama atau lulus sebelum 2005 masih bisa di baca secara fisik sambil mengunggu proses digitalisasi.

Paper mahasiswa FT UGM dalam beberapa forum ilmiah

Mahasiswa FT UGM pada tahun 2013 ini mengikuti berbagai kegiatan ilmiah nasional. Beberapa diantaranya adalah 6th AUN/SEED-Net Regional Conference on Energy Engineering (RCEneE) 2013 pada 6-7 September 2013 di Aula Timur Institut Teknologi Bandung Bandung, INDONESIA dan Seminar Nasional REKAYASA ENERGY, MEKATRONIK, DAN TEKNOLOGI KENDARAAN di Bandung pada18 September 2013.

Paper tersebut dapat diunduh di http://lib.ft.ugm.ac.id/download/mahasiswa/2013

Workshop Pustakawan FT UGM

Untuk meningkatkan kopetensi pustakawan terhadap perkembangan jaman, perpustakaan Fakultas Teknik (FT) UGM menyelengarakan workshop tentang teknik penulisan berita, cara presentasi yang baik dan cara pembuatan SOP. Workshop ini diikuti oleh seluruh pustakawan yang ada difakultas Teknik, bertempat ruang e-library gedung perpustakaan fakultas Teknik.

Adapun jadwal pelaksanaanya adalah: 10 September tentang teknik penulisan dibimbing Dewi Kharisma Michellia, 11 September cara presentasi yang baik dibimbing Arif Surachman, MBA., 17 September tentang pembuatan SOP dibimbing oleh Purwani Istiana, MA.
Dalam sambutannya, Purwoko selaku Kepala Perpustakaan Fakultas Teknik UGM mengatakan, “tujuan diadakannya workshop ini untuk meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan di lingkungan fakultas Teknik UGM”. (Yus)
Materi dapat diunduh di sini

  • Direct Access
  • Kategori Isi Web

  • Direct Access
    MLibrary UGM
    Link to this page
    Link to this page
    Abstrak TA F. Teknik UGM
  • Arsip berita

  • SUBSCRIBE OUR RSS

    Total Posts 88
    Total Comments 35.


  • Switch to our mobile site