Perpustakaan FT UGM | @perpusftugm

"brings you to the learning community"

Archive for the ‘Kegiatan’


Pastikan dan perkuat “ide” anda saat menulis

Kamis (6/10) Perpustakaan FT UGM menyelenggarakan diskusi tentang plagiat. Diskusi ini dipandu oleh Ir. Subagyo, Ph.D.

Ada beberapa garis besar yang dapat diambil dari diskusi ini. Peneliti bukan pewarta, namun peneliti harus mempunyai ide yang membedakan dengan ide peneliti lain baik dalam buku atau artikel. Ide yang membedakan ini yang akan memperkuat tulisan sehingga salah satunya akan menghindarkan dari plagiat. Buku atau referensi lain dipergunakan untuk mendukung pendapat.

“Jika ingin mengatakan Si A yang seorang warga negara Indonesia itu bertubuh tinggi, maka harus didukung dengan data (pustaka) yang menunjukkan parameter tentang tinggi manusia serta mendapatkan data tentang tinggi badan Si A”, demikian Ir. Subagyo, Ph.D. memberikan analogi tentang penggunaan pustaka dalam untuk mendukung ide. Informasi apapun yang berada dalam pustaka dalam berbagai bentuk (buku, jurnal, slide, bahkah komunikasi pribadi) yang dikutip harus ditulis dalam daftar pustaka. Subagyo juga menyampaikan cara melakukan parafrase agar tidak terhindar dari plagiat.

Di sela presentasi diselingi dengan tanya jawab dengan peserta. Peserta yang mencapai 80 orang ini tampak antusias dalam bertanya. Beberapa pertanyaan yang muncul adalah:

  1. Jika penulis lebih dari satu orang, ada yang bekerja dibelakang meja dan ada yang bekerja di lapangan. Manakah yang harus ditulis dalam laporan? dan mana yang ditulis pertama
    • Semua yang kontribusi boleh ditulis. Untuk penulisan nama pertama pengarang tidak ada ketentuan baku namun berdasar kesepakatan penulis-penulis tersebut.
      Ir. Subagyo juga menyampaikan kebiasaannya, jika menulis bersama maka nama pertama yang ditulis dalam paper adalam orang yang pertama kali membuat draf, dan hal ini merupakan kesepakatan internal.
  2. Kadang kita mengutip tulisan orang, namun tidak langsung dari sumber utama akan tetapi dari kutipan orang lain. Bagaimana menuliskannya?
    • Ditulis dengan Nama orang dalam Nama (tahun). Misalnya Projo dalam Saifudin (2011). Namun demikian, usahakan untuk menemukan sumber aslinya.
  3. Bagaimana jika kita mengutip dari slide presentasi? bolehkah?
    • Boleh, tulis yang membuat presentasi. Namun jika dalam presentasi (misal presentasi kuliah) terdapat data atau gambar, usahakan merujuk kepada sumber aslinya.
  4. Adakah ketentuan urutan penulisan nama pengarang yang lebih dari satu?
    • Tidak ada
  5. Jika mengirim artikel tapi belum diterbitkan, dan kita menyitir dari artikel tersebut bagaimana caranya?
    • Tetap bisa ditulis. Jangan sampai kita terhambat karena tulisan kita belum diterbitkan dan kita ingin menyitir dari tulisan kita sendiri. Keterangan jika paper yang dikutip sudah dikirim ke penerbit: submitted. Jika sudah diterima dalam proses terbit: inpress.

Sementara itu beberapa tambahan point penting yang disampaikan dalam acara ini adalah:

  1. Pokok kalimat atau kalimat pertama dalam paragrap usahakan harus kalimat sendiri
  2. Meskipun mengutip dari tulisan sendiri, tetap harus ditulis sumbernya.

Demikian beberapa hasil dari diskusi tentang plagiat ini. Slide presentasi Ir. Subagyo, Ph.D. bisa diunduh di klik.

Workshop: “Plagiat dan cara menghindarinya”

Plagiat merupakan hal yang harus dihindari, khususnya di dunia pendidikan tinggi. Namun demikian, disadari (disengaja) atau tidak disadari (tidak disengaja) plagiat masih terjadi di sekitar kita. Untuk meningkatkan pemahaman tentang plagiat dan cara menghindari plagiat, maka Perpustakaan FT UGM menyelenggarakan workshop anti plagiat pada Kamis 6 November 2014 pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB. Acara ini akan diampu oleh Ir. Subagyo, Ph.D (Dosen Teknik Mesin dan Industri UGM)

Dalam acara ini akan dibahas aspek umum dari plagiat (pengertian, jenis plagiat, kesalahan umum dalam menulis sehingga dikategorikan sebagai plagiat, contoh dan konsekuensi  akademik), serta berbagai cara mengindari plagiat. Termasuk di dalamnya cara melakukan parafrase, mengutir, menentukan gaya daftar pustaka. Peserta juga akan diajak bersama-sama mempraktekan cara memparafrase kalimat serta mengutip  dari sumber aslinya.

Acara ini bebas biaya, pendaftaran dapat dilakukan melalui http://lib.ft.ugm.ac.id/daftar, atau melalui SMS nama[spasi]jurusan kirim ke 085-799-180-752, atau langsung ke frontoffice Perpustakaan FT UGM. Poster ada di klik.

Berbagi tips menulis di jurnal internasional @perpusftugm

Rabu (8/10) Perpustakaan FT UGM bersama LPKTA dan Cendekia Teknika menggelar acara diskusi dan workshop “tips menulis artikel untuk jurnal internasional”.  Acara ini akan dipandu oleh Muslim Mahardika, ST. M.Eng., Ph.D. Muslim adalah dosen di Teknik Mesin dan Industri yang memiliki cukup banyak artikel internasional yang terindex SCOPUS. Acara akan dilaksanakan di Ruang E-Lib Perpustakaan FT UGM lantai 2, mulai 08.30 s.d. 12.00.

Pada acara ini akan dibahas berbagai dinamika mengajukan artikel di jurnal internasional, pertimbangan menentukan tema, pertimbangan menentukan jurnal yang ingin dituju, membuat abstrak dan juga menentukan struktur artikel serta gaya sitiran yang direkomendasikan untuk dapat menembus jurnal yang diinginkan.

Acara ini bersifat terbuka dan peserta tidak dipungut biaya, dapat diikuti oleh mahasiswa S1,S2,S3 baik dari FT UGM maupun dari luar FT UGM.  Silakan daftarkan diri anda secara online di http://lib.ft.ugm.ac.id/daftar atau sms “nama-NIM-jurusan” ke 085-799-180-752, atau datang langsung ke Frontoffice Perpustakaan FT UGM. Poster dapat diunduh di klik.

Diharapkan  membawa paper yang anda tulis (tercetak),  berbahasa Indonesia atau berbahasa Inggris.

Siapapun bisa mendapat beasiswa..

    Penerima beasiswa tidak harus dari universitas terkenal..!
    Pendaftar beasiswa ada 8000, yang diambil hanya ratusan. Maka harus ada nilai lebih yang dapat membuat kita diterima..!
    Diterima sebagai penerima beasiswa, belum tentu bisa kuliah. IELTS anda berapa? jangan-jangan harus  menaikkan skor dulu untuk memilih sekolah…! Jadi bahasa Inggris itu perlu.
    IPK, juga menjadi syarat..!
    Pengalaman organisasi;  tingkatkan dari sekarang..!
    Leadership; bisa menjadi nilai lebih.
    Persiapkan segalanya dari sekarang..!
    Complete the story, raih beasiswa agar anda punya cerita.

Kutipan di atas adalah beberapa petikan singkat dari diskusi terkait beasiswa internasional yang dilaksanakan di Perpustakaan FT UGM. Acara ini dihadiri oleh 55 peserta pada berbagai jenjang pendidikan dari Fakultas Teknik UGM dan beberapa fakultas lain.
Acara diawali dengan pembukaan dan pengantar oleh moderator, dilanjutkan presentasi dan diskusi. Pada sesi akhir dibahas beberapa tips pengisian form beasiswa ADS.
Berbagai hal terkait beasiswa ADS dapat dilihat di madeandi.com/ads. Slide dapat diunduh di klik.

Persiapan untuk peserta diskusi “tips beasiswa internasional”

Bagi rekan-rekan yang telah mendaftar acara diskusi “tips menembus beasiswa internasional”, mohon untuk mengunduh form beasiswa ADS yang ada di http://madeandi.com/ads/

Silakan unduh dan cetak, serta dibawa ketika acara berlangsung.

Pelatihan Menulis Paper bersama Si Penulis Fiksi

Senin (29/9) Cendekia Teknika bersama Perpustakaan FT UGM menyelenggarakan pelatihan menulis paper. Kegiatan akan dilaksanakan pukul 15.30 sd 17.30 di Ruang E-Lib Perpustakaan FT UGM. Kegiatan ini akan diampu oleh Ahmad Ataka Awwalur Rizki.
Ataka adalah alumnus FT UGM Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Selain mahir menulis ilmiah, Ataka juga pernah menulis beberapa novel pada usia SMP, pernah mengikuti berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri. Sumber klik.

Sumber gambar klik

Ayo.. belajar berbagai tips menembus beasiswa internasional

Perpustakaan FT UGM bersama Cendekia Teknika, Rabu (1/10) pukul 09.00 – 12.00 akan menyelenggarakan diskusi tentang tips menembus beasiswa internasional. Acara akan dilaksanakan di Perpustakaan FT UGM. Acara ini akan dipandu oleh I Made Andi Arsana, Ph.D.

Dalam diskusi ini akan dibahas berbagai tipe beasiswa internasional, sumber yang memuat informasi tentang beasiswa sekaligus karakter beasiswa tersebut. Tips mengisi form beasiswa juga akan dibahas dalam diskusi ini. Sehingga setelah acara ini diharapkan peserta akan memiliki pengetahuan baru tentang berbagai beasiswa internasional, karakter negara dan tujuan dari beasiswa tersebut, berbagai dinamika “perburuan” beasiswa serta memahami tips mengisi formulir pendaftaran beasiswa internasional.

Andi Arsana, yang akan memandu acara ini merupakan dosen di Teknik Geodesi UGM. Diskusi tentang beasiswa yang pernah beliau lakukan salah satunya ada di Berita Satu, sebagaimana video terlampir. Silakan daftarkan diri anda secara online di http://lib.ft.ugm.ac.id/daftar atau sms “nama-NIM-jurusan” ke 085-799-180-752, atau datang langsung ke Frontoffice Perpustakaan FT UGM. Poster kegiatan ini dapat diunduh: klik di sini

Tempat Terbatas

Sosialisasi E-Database @perpusftugm

Hari Kamis (18/9), Perpustakaan Pusat UGM menyelenggarakan kegiatan sosialisasi database di Perpustakaan FT UGM. Acara ini dihadiri mahasiswa pascasarjana FT UGM, menghadirkan Arif Surachman, M.B.A. dan Ide Yunianto, S.Si. sebagai pemateri.

Arif memaparkan berbagai aspek tentang database yang dilanggan UGM, cara akses dan etika dalam akses database. Ide Yunianto menyampaikan materi penggunaan Zotero sebagai salah satu perangkat manajemen data riset.

Menurut Yudistira, sebagai PIC kegiatan di FT UGM  mengatakan jika masih ada satu kegiatan sosialisasi lagi, yaitu sosialisasi layanan. Kegiatan selanjutnya ini akan dilaksanakan pula agar mahasiswa FT dapat mengetahui layanan apa saja yang dimiliki oleh perpustakaan Pusat dan FT UGM.

Makalah presentasi Ide Yunianto dapat diunduh di klik. Sementara presentasi Arif Surachman dapat diunduh di klik

Sebagai tambahan, di UGM Jakarta dilaksanakan pula acara serupa dengan tambahan workshop anti plagiat. Makalah workshop anti plagiat dapat diunduh di klik

Menyambut MABA FT UGM

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru FT UGM, perpustakaan menyiapkan dan melaksanakan beberapa hal. Perbaikan fisik terkait lampu dan jalur kelistrikan di lantai 3 dan 2 dilakukan agar mahasiswa merasa nyaman. Memudahkan mengakses listrik untuk perangkat elektroniknya serta membuat cahaya cukup ketika ruang digunakan di malam hari.

Booklet panduan juga dipersiapkan, untuk versi digital bisa juga diunduh di klik, sementara versi tercetak didistribusikan kepada mahasiswa baru FT UGM. Perpustakaan juga membuka kesempatan bagi mahasiswa baru yang ingin tahu lebih lanjut tentang perpustakaan FT UGM, jurusan, layanan, koleksi tercetak dan digital (yang dilanggan UGM), serta berbagai workshop yang diselenggarakan.

Kesempatan pertama, mahasiswa S2 Teknik Sipil berkesempatan mengunjungi dan mendapat penjelasan pada hari Kamis (28/8) yang dipandu oleh Isnaini Syamsiati, S.Sos.. Pada hari yang sama mahasiswa S2 Teknik Elektro juga mendapatkan penjelasan tentang berbagai koleksi serta mengikuti workshop singkat aplikasi Mendeley.

Selain itu, secara individu atau kelompok kecil perpustakaan juga menjelaskan layanannya kepada mahasiswa S1 di FT UGM.

Bagi mahasiswa baru 2014 (atau angkatan sebelumnya) yang berminat mengikuti kelas workshop sumber informasi atau aplikasi pendukung akademik (Mendeley, Zotero, Prezi), silakan menghubungi petugas pendaftaran di Front Office Perpustakaan FT UGM. Kontak di klik. Kegiatan workshop ini tanpa biaya dengan durasi waktu minimal 2 jam.

Ringkasan Kegiatan Perpustakaan pada semester 1 tahun 2014

Berikut beberapa informasi terkait kegiatan perpustakaan FT UGM selama semester pertama 2014 (sampai Juni 2014)

  1. Workshop: 33 kelas
  2. Workshop dengan organisasi mahasiswa: 2 kali
  3. Engineering English Club: 1 kegiatan
  4. Bedah buku: 1 kegiatan
  5. Layanan pencarian artikel: 87 artikel (sampai 15 juli)
  6. Layanan sirkulasi: 1097 kegiatan
  7. Peminjam: 236 anggota
  8. Pengunjung: 10317 kunjungan
  9. Follower twitter: 302 akun
  10. Kunjungan web: rata-rata 50 per hari. Saat ini kami mengupdate SEO web perpustakaan
  • SUBSCRIBE OUR RSS

    Total Posts 123
    Total Comments 53.