sipil UGM

[Riset] Berapa nilai tingkat “literasi informasi” pustakawan FT UGM?

Screenshot at 2017-07-27 09-22-48

Berawal dari berubahnya perpustakaan FT UGM, yang memiliki gedung baru dan berbagai fasilitas di dalamnya, Yudistira, pustakawan di Teknik Geologi UGM ingin meneliti bagaimana literasi informasi pustakawan yang mengelolanya. Literasi informasi dipandang Yudis sebagai bagian penting dalam menjalankan perpustakaan, terlebih pada era sekarang ini. Penelitian ini berjudul “Literasi Informasi Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Menggunakan Pengembangan Model The BIG6”.

Dengan analisis Big6, enam elemen dalam Big6 peroleh nilai antara baik dan sangat baik. “Secara keseluruhan total nilai rata-rata analisis data literasi informasi yaitu 3,20. Dari rata-rata keseluruhan analisis data literasi informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM berdasarkan pengembangan model the big6 tergolong dalam kategori baik”. Demikian disampaikan Yudis pada pustakawan FT UGM. Artikel Yudis dapat diunduh di https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/26069

Berikut abstrak penelitian tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM berdasarkan model the big6 dan untuk mengetahui tahapan-tahapan literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM untuk masing-masing tahapan berdasarkan model the big6. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM yang berjumlah 4 orang. Analisis data menggunakan rumus mean & grand mean. Berdasarkan data yang telah diolah diketahui bahwa literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM tergolong dalam kategori baik dibuktikan dengan nilai grand mean sebesar 3,20. Dari tahapan definisi masalah tergolong sangat baik dengan nilai 3,28. Dari tahapan strategi pencarian informasi, tergolong sangat baik dengan nilai 3,27. Dari tahapan tahapan lokasi dan akses, tergolong sangat baik dengan nilai 3,38. Dari tahapan penggunaan informasi, tergolong baik dengan nilai 2,88. Dari tahapan sintesa, tergolong baik dengan nilai 3,21. Dari tahapan evaluasi, tergolong baik dengan nilai 3,20. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perpustakaan untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan dalam bidang literasi informasi.

Penelitian tersebut sangat bermanfaat, dan mendorong perbaikan pada pustakawan di FT UGM.

Tags:

Trackback from your site.

Leave a comment