sipil UGM

[ buku baru ] Practical Tips for Publishing Scholarly Articles

Judul                     : Practical Tips for Publishing Scholarly Articles: writing and publishing in the helping profession
Edisi                       : 2nd
Penulis                   : Rich Furman dan Julie T. Kinn
Penerbitan            : Oxford University Press: 2016
Halaman                : 127
Call number          : 808.02 Fur p (Perpustakaan FT UGM)

Buku ini membahas berbagai hal terkait menulis ilmiah. Mulai dari alasan menulis,  mengidentifikasi kekuatan diri untuk menulis, mengenal berbagai macam publikasi, melakukan submit ke jurnal, komunikasi dengan reviewer dan lainnya.

Bab pertama berjudul “Why write and publish?: exploring and increasing motivation”. Bab ini membahas tentang alasan menulis. Beberapa yang ditulis di buku ini, alasan menulis adalah sebagai sarana belajar menyelidiki/meneliti. Ketika kita mempelajari sebuah subyek, maka cara yang paling ampuh adalah dengan cara menulisnya (hal 1). Dikutip pula dari Newell (2000), bahwa ketika memulai menulis tentang sebuah topik, maka kita mulai mengoganisir pemikiran kita agar semuanya saling berkaitan.

Alasan lainnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengajar serta mempraktikkan, sebagai kontribusi pada profesi.

Bab kedua berjudul “Self-assesment of writing capacities”. Masing-masing orang memiliki kekuatan untuk melakukan kerja menulis dan publikasi, namun ada juga keterbatasannya. Ada yang terkait personal, psikologi, struktur, atau lingkungan. Setiap orang harus menganalisis apa kekuatannya dan apa kekuranganya, jangan sampai terlalu sering merasa tidak mampu. Kita harus percaya diri, meskipun banyak jurnal yang rendah tingkat diterimanya artikel. Writer block, emotional writing, hambatan psikologis merupakan beberapa hambatan dari proses menulis.

Beberapa hal teknis terkait mindmap, memilih jurnal, melakukan paraphrase juga dibahas dalam buku ini. Beberapa bab tersedia latihan yang bisa digunakan untuk menilai kemampuan diri sendiri terkait bab yang baru saja dibahas.

Daftar lengkap bab dari buku ini yaitu why write and publish?: exploring and increasing motivation, self-assesment of writing capacities, writing as a disciplined practice, types of scholarly publication, selecting a journal, submitting your manuscript, collaboration. Kemudian ethics, pitfall and problems serta bab terakhir conclusion.

Pada bagian akhir, disajikan contoh sumber informasi untuk modal menulis, untuk memilih jurnal serta contoh surat kepada editor, contoh surat ketika mengirim jurnal (submission letter), serta contoh surat revisi naskah.

Buku 127 halaman ini, bisa menjadi alternatif pertama bagi penulis pemula. Beberapa topik yang tidak dibahas detail, namun hanya singkat justru bisa menjadi referensi awal yang tidak bertele-tele bagi pembaca.

Beberapa komentar terhadap buku ini juga positif. Di Amazon.com misalnya, memperoleh 4.3 bintang. Beberapa komentar tersebut misalnya:

  1. What a great book. Bought this after reading one of the authors’ blogs on publishing. Chock full of solid publishing wisdom. My favorite aspects are the exercises and the sample letters to editors. Wish they taught this stuff in grad school!
  2. A friend recommended this book to me and I am so glad that she did. Well-written, great exercises and on-point guidance. Just what I needed.

Bagi yang tertarik, silakan pinjam di perpustakaan Fakultas Teknik UGM.

 

Trackback from your site.

Leave a comment