👨‍🎓 Cek artikelmu menggunakan Turnitin!! 🔓

Bagi Bapak/Ibu dosen, mahasiswa FT UGM yang memerlukan cek artikel menggunakan Turnitin, dapat mengirim dokumen ke email perpusft@ugm.ac.id. Pengiriman harus menggunakan email resmi UGM dengan subyek: “cek turnitin sudah/belum terbit” (pilih sudah atau belum terbit sesuai status dokumen yang akan dicek)

A. Catatan bagi dokumen yang sudah terbit

  1. File PDF, bukan dalam bentuk hasil scan. Jika sebelum halaman utama artikel ada cover identitas artikel (biasanya ada jurnal yang menyertakan halaman tambahan di awal artikel sebagai identitas), mohon dihilangkan dahulu.
  2. Pengecualian default dari kami: dokumen itu sendiri (jika sudah terbit), dan referensi. Serta pengecualian dokumen yang terbit setelahnya.
  3. Pastikan dokumen tidak dalam posisi dikunci/proteksi.
  4. Lihat catatan umum di bagian D

B. Catatan bagi dokumen yang belum terbit

  1. Dalam bentuk pdf atau word yang bersih dari: teks review, teks komentar; serta lebih baik juga bersih dari header, footer, nama dan afiliasi penulis, nama jurnal target.
  2. Bukan pdf dari hasil scan.
  3. Akan dicek dengan pengecualian  bagian referensi. (hal ini akan berjalan normal jika referensi ditulis dengan frasa “references”)
  4. Lihat catatan umum di bagian D

C. Catatan bagi dokumen tugas akhir

  1. Untuk tugas akhir pastikan hanya mengirimkan: judul, nama penulis, abstrak, bab 1-terakhir saja. Tanpa daftar pustaka.

D. Catatan umum

  1. Pemeriksaan/dokumen pembanding kami setel pada semua jenis yang disediakan oleh sistem (web, jurnal, repository, dll).
  2. Setelan “submit paper to” pada sistem, kami set “no repository”.
  3. Jika hasil sudah kami kirimkan, silakan periksa halaman terakhir yang menunjukkan persentase kesamaan serta pembandingnya.
  4. Pada kalimat yang diberi warna, silakan analisis. Apakah diperlukan parafrasa atau tidak.
  5. Jika ada kesamaan dengan repository (bisa universitas atau institusi), ada beberapa kemungkinan:
    1. Dokumen anda pernah diperiksa menggunakan akun  institusi tertentu
    2. Dokumen anda memiliki kesamaan dengan dokumen yang pernah diperiksa menggunakan akun institusi tertentu.
    3. Akun pada institusi yang  dianggap sama tersebut menggunakan seting submit paper to repository.
  6. Jika ada dokumen yang terdeteksi sama (termasuk kasus nomor 3 di atas), belum kami kecualikan dan ternyata perlu dikecualikan (terbit setelahnya), silakan komunikasikan dengan kami melalui (membalas) email, dan menyebutkan detail yang perlu dikecualikan.
  7. Hasil pemeriksaaan yang kami lakukan belum bersifat final. Terkadang ada yang kami ragu, sehingga perlu diperiksa/komunikasi/cross-check  dengan/oleh pemilik/yang berkepentingan dengan dokumen.

E. Membaca hasil

  1. Pada halaman terakhir dokumen hasil pengecekan akan muncul hasil seperti pada gambar di bawah ini.
  2. Angka merah menunjukkan total kesamaan dokumen, akumulasi dari angka yang berwarna hitam.
    1. Internet source: sumber web
    2. Publication: sumber publikasi/jurnal
    3. Student paper: sumber yang pernah dicek di turnitin.
  3. Lihat kalimat dalam teks yang ditandai dengan angka dan warnai. Bandingkan dengan angka urut yang ada pada gambar di atas. Lihat dan gunakan sebagai pertimbangan parafrasa (perbaikan kalimat bagi penulis dokumen yang belum terbit) atau keputusan kemungkinan potensi plagiat.

 

Terimakasih

👤 cp: perpusft@ugm.ac.id | WA melalui ugm.id/kirimwa