sipil UGM

Prof. Achmad Djunaedi bersama mahasiswanya, belajar berbagai aplikasi di Perpustakaan FT UGM

DSC_0861Prof. Achmad Djunaedi, akrab disapa dengan Prof. Djun. Beliau merupakan Guru Besar yang mengajar di Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan serta beberapa program studi yang lain.

Beberapa waktu lalu, beliau mengajak mahasiswa bimbingannya untuk datang ke Perpustakaan FT UGM mengikuti berbagai pelatihan yang ditawarkan oleh Perpustakaan FT UGM. Mulai dari sumber-sumber referensi, manajemen referensi, membuat mindmap, dan yang terakhir menulis menggunakan Ms. Word. Secara telaten, beliau selalu mengikuti semua kelas yang telah dijadwalkan.

Berikut ini, testimoni Prof. Djun, dan salah satu mahasiswa yang ikut pelatihan tersebut.

 

Saat mahasiswa yang sedang konsultasi penelitian mengeluh karena kesulitan mencari pustaka untuk kajian pustakanya, ku tanya apakah sudah bisa atau biasa memanfaatkan komputer (TI) untuk menelusuri (searching) pustaka. Si mahasiswa diam dan menjawab lirih, sudah tapi hanya googling. Karena dia kulihat juga belum memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti Mendeley, MindMap, dsb; maka ku sarankan dia (beserta teman-temannya) untuk ikut workshop pemanfaatan TI untuk mendukung penelitian di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Ku bilang ke mahasiswa bahwa saya juga pernah ikut workshop tersebut bersama beberapa mahasiswa S3. Sangat bermanfaat asal setelah ikut workshop kita sering berlatih sehingga tidak lupa. Kalau lupa, ya tanya lagi saja ke staf Perpustakaan Fakultas Teknik UGM.  (Prof. Achmad Djunaedi)

 

Perpustakaan Fakultas Teknik UGM sungguh luar biasa.. Melalui dedikasi pengelolanya, banyak diselenggarakan pelatihan-pelatihan, mulai dari  Mendeley, Ms Power point, Ms Word, XMind, penelusuran informasi, Google Scholar dan masih banyak lagi. Saya bersama teman mahasiswa S3 Arsitektur dan tidak ketinggalan  Prof. Achmad Djunaedi  turut serta pelatihan secara intens.. Pelatihan di perpustakaan FT ini begitu diperlukan dan sangat bermanfaat mendukung studi dan meningkatan  kemampuan intelektual kita.. Saya anjurkan agar mahasiswa FT dan para dosen mengikutinya.. Sukses Perpustakaan FT UGM. (Satrio, Mahasiswa S3 UGM)

 

Trackback from your site.

Leave a comment