sipil UGM

Mengetahui bobot sebuah jurnal dan artikel (IF, SNIP, IPP)

Impact factor dapat diartikan sebagai sejauh mana sebuah jurnal berpengaruh pada dunia publikasi ilmiah. IF merupakan domain atau brand dari Journal Citation Report, IF dapat dilihat melalui web JCR yang berbayar. Thomson Journal Citation Report (http://thomsonreuters.com/journal-citation-reports/).

Selain IF, ada juga beberapa penilaian lainnya, misalnya SNIP, IPP, dan SJR. Untuk tiga hal ini dapat dilihat di ScimagoJR (http://www.scimagojr.com/).  Lengkapi pula dengan informasi dari Journal Metrics (http://www.journalmetrics.com/). Scopus (scopus.com), juga memuat bobot sebuah jurnal dan artikel, bahkan sampai pada sejauh mana seorang penulis berkolaborasi, atau produktifitas sebuah institusi . Data dari Scopus ini juga lah yang dianalisa ScimagoJR. Lebih lengkap tentang Scopus, silakan unduh slide ini.

Sumber lain juga memuat beberapa informasi penilaian sebuah jurnal:

  1. Publish or Perish Software (http://www.harzing.com/pop.htm)
  2. 2015 Impact Factors berbasis JCR® untuk jurnal di springer
    http://www.springer.com/gp/impact-factor-2015?wt_mc=SocialMedia.Facebook.8.CON648.IF2015

Pengertian IF dan yang berkaitan dapat dibaca di klik.

Metric terbaru, adalah Altmetric, yang menilai bobot sebuah artikel dari seberapa banyak disebut di media sosial. Untuk lebih lanjut silakan buka https://help.altmetric.com/support/solutions/articles/6000060969-how-is-the-altmetric-attention-score-calculated-

pembobotan media sosial di Altmetric