sipil UGM

Sinau bareng mengisi liburan: Google Drive bagi Staf Tenaga Kependidikan FT UGM

 

Perpustakaan Fakultas Teknik UGM: rumah bersama, untuk belajar bersama.

6ecab2f1-9f50-4f41-ac3d-86390dbe0c66Mengisi liburan, selama mahasiswa belum aktif kuliah, Perpustakaan FT UGM menyelenggarakan sinau bareng bersama staf tenaga kependidikan Fakultas Teknik UGM. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12,13,14,17,18 dan 21 Juli 2017 di Perpustakaan FT UGM. Selain mengisi liburan, juga bertujuan agar semua pihak dapat merasakan menfaat keberadaan perpustakaan. Semester lalu mengangkat materi Ms. Word dan Ms. Excell, semester ini Google Drive untuk perkantoran.  Sinau bareng ini diikuti staf dari kependidikan, keuangan, kepegawaian dan umum, serta dari program studi Magister Teknik Sistem. 

Materi yang dipelajari meliputi pengantar Google Drive: konsep Google Drive, penyimpanan data di Google Drive, cara login di Google Drive, fitur yang bisa dimanfaatkan, Google Drive untuk UGM. Serta praktik menggunakan google document dan spreadsheet, meliputi: membuka Google Document, import Ms. Word ke Google Document, menulis di Google Document, membagi dokumen kepada orang lain untuk kolaborasi, mengedit dokumen bersama-sama, melihat perubahan dokumen yang dibuat bersama, mengirim file via Google Document, mengunduh file, eksport ke PDF.

Materi di atas disampaikan lebih banyak praktik dengan sedikit teori. Tujuan utama sinau bareng ini adalah mengenalkan, namun tidak menutup kemungkinan, melalui praktik yang dilakukan ketika sinau bareng, peserta juga bisa langsung mempraktikkan dalam kegiatan perkantoran sehari-hari. Modul yang bagikan (dalam bentuk file) adalah modul yang disusun oleh Forum Pustakawan UGM, yang dapat diunduh di ugm.id/moduldf.

Berikut ini beberapa point evaluasi kegiatan tersebut.

3

Lebih dari 80 % menyatakan bahwa materi yang dipelajari adalah materi baru. Selebihnya, 15 % pernah mempelajari.  Angka ini menggambarkan bahwa Google Drive tepat dijadikan materi sinau bareng semester ini.
2

Testimoni peserta terkait kemampuan pemateri bervariasi, dengan skala 1-4, sebagian besar ada pada angka 4. Sementara terkait kesesuaian materi dengan kebutuhan pun, tidak jauh beda. Dengan skala 1-4 lebih dari separuh memberi skore 4. Sebanyak 33 peserta  memberi evaluasi pada kegiatan ini.1

Selain grafik di atas, beberapa komentar juga dituliskan oleh peserta. Semua menyampaikan positif. “Waktu untuk belajar perlu ditambah supaya materinya bisa lebih banyak lagi. Terima kasih untuk Tim Perpustakaan FT yang telah turut serta meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan sehingga kami mendapatkan ilmu baru yang tentunya berguna dalam pekerjaan kami sehari-hari.” , merupakan salah satu komentar yang masuk.

Selain itu, ada pula “Saya kira untuk semua staf perlu bisa/menguasai materi ini, untuk efisiensi kerja. Selain itu saya butuh materi untuk Pelatihan Desain (Corel dan Photoshop)”. Komentar ini cukup menggambarkan bahwa staf tendik di FT cukup antusias belajar hal baru. Semoga dapat terfasilitasi.

Kegiatan ini akan disusul dengan kegiatan pengenalan Office 365 untuk staf dosen. 

 

Trackback from your site.

Leave a comment