sipil UGM

Asec Real Discussion : Geoscience and Job-Seeking Demand

Screenshot at 2017-10-16 11-21-40

Asec Real Discussion (ARD) merupakan forum yang diadakan setiap Jum’at sore oleh Actual Smile English Club (ASEC) untuk melatih anak muda mempraktikan English. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk diskusi membahas topik tertentu menggunakan English. ARD pada Jum’at, 13 Oktober 2017 dilaksanakan di Ruang Diskusi Lantai 1, Perpustakaan Fakultas Teknik UGM dengan narasumber Agra Adipta (Former President of Exploration Geophysicist UPN “Veteran” Student Chapter.

ARD diawali dengan pembukaan oleh Bapak Purwoko, MA selaku Kepala Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Diskusi dimulai dengan penyampaian singkat mengenai ASEC dan program ARD. Kemudian penyampaian meteri oleh pembicara yang dilanjutkan diskusi.
Pembahasan dimulai dengan penyampaian mengenai Geoscience dan bagaimana prospek pekerjaan di masa depan. Bagaimana posisi seorang Geoscience dalam dunia kerja? Apakah memilih bidang yang science oriented, finance oriented, atau proficient oriented? Bagaimana prospek ketiganya? Diskusi juga membahas mengenai persiapan yang perlu dilakukan pemuda sebelum bekerja dan mengabdikan dirinya. Beberapa diantaranya, terbuka dengan pengetahuan baru dan mau belajar, berpikir dan rajin, menjadi berbeda dengan skills yang dimiliki, dan membangun jaringan. Agra menyampaikan beragam pengalamanya terlibat dalam berbagai project di bidang Geoscience, riset yang pernah dilakuan, serta event nasional dan internasional yang pernah diikuti. Project dan riset yang dilakukan tentu tidak semata untuk pengembangan ilmu pengetahuan tentang bidang tersebut, tetapi juga untuk membantu dan membangun masyarakat.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai prospek pekerjaan di bidang Geoscience, kemudian pekerjaan seperti apa yang akan dipilih? Bagaimanapun juga, pemuda yang
akan meneruskan estafet kepemimpinan di bidang ini dan bidang lainnya kelak. Memilih dan melaksanakannya dengan bijak akan membawa kebaikan untuk Indonesia di masa depan.  (Fithrothul Khikmah <fithrothulk@gmail.com>)

Trackback from your site.

Leave a comment