- Rapikan file dokumen digital yang anda miliki, dengan cara ditempatkan pada folder yang tertata rapi. File ini nantinya yang akan dikelola menggunakan Mendeley atau Zotero. Langkah ini digunakan jika akan menggunakan model penyimpanan default pada Mendeley. Atau lakukan langkah 2.
- Tentukan folder penyimpanan dokumen yang dikelola dengan Mendeley atau Zotero.
- Masukkan dokumen ke dalam Mendeley atau Zotero melalui berbagai fiturnya.
- Lihat metadata pada tiap-tiap dokumen tersebut. Periksa dan pastikan bahwa metadata telah benar: mulai dari type document dan isi metadata di bawahnya. Kebenaran metadata ini PENTING, jika anda akan menggunakan fungsi Mendeley atau Zotero untuk membantu membuat kutipan dan daftar pustaka.
- Manfaatkan fitur pengelolaan dokumen yang disediakan pada masing-masing aplikasi (note, define, highlight, group,….)
- Sinkronisasikan dokumen agar anda memiliki cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada komputer anda. Cadangan bisa dengan sinkronisasi ke akun Mendeley atau Zotero, ke GoogleDrive, ke Office 365, atau ke SIMPAN.ugm.ac.id.
- Pilih gaya penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan ketentuan di program studi anda.
Ingin belajar Mendeley/Zotero? klik di sini. GRATIS.
Beberapa video panduan ada di: klik di sini, dan klik.