Istilah Curriculum Vitae (CV) telah dikenal luas. Namun bagaimana membuat CV yang baik dan benar, agar dapat menunjukkan diri dalam dua lembar kertas A4?. Rabu, (27/5) merupakan seri ketiga dari tema CV yang menjadi materi mini workshop Perpustakaan FT UGM bersama ECC UGM. Tema kali ini disampaikan oleh Mbak Gita Aulia, psikolog yang kesehariannya bekerja di ECC UGM.
Pada acara ini, beberapa point dalam membuat CV dapat digali.
- CV yang baik itu ringkas dan padat. 1-2 halaman A4.
- CV memuat: personal data, education and qualifications, work history, relevant skill to the jobs
- Font 11 atau 12, 1.5 spasi, margin 2.5.
- Foto postcard
- Date of bird atau usia –> tulis salah satu saja
- Tulis alamat yang mudan dikirimi balasan
- Pretasi dan pengalaman kerja –> tulis 3 tahun terakhir saja
- CV berumur paling tua 6 bulan
- Jadi asisten dosen bisa dimasukkan pengalaman, jika relevan dengan pekerjaan yang dilamar
- Prestasi, pengalaman kerja –> disusun secara kronologis, yang paling baru paling atas
- Kerja praktik? –> lengkapi dengan apa yang dilakukan selama KP
- Softskill –> office tidak perlu ditulis
- Public Speaking –> boleh ditulis, lengkapi dengan sertifikat
- Clear – structure
- Avoid embellishment
- Concise
- Pastikan ada kontak untuk info lanjutan
- Hapus hal yang tidak perlu, misalnya “nama :”
- Put the emphasis on your experience
- Only mention the relevant training
- Work in chronological order
- Be precise
- Personalize your CV
- Reference –> yang memiliki hubungan profesional dan ijin lebih dahulu
- Cover letter: 3 paragraph. Pembukaan, keyakinan akan kemampuan, penutup.
- Bahasa selain bahasa ibu dan bahasa daerah
- Quote boleh dimasukkan, namun yang mendukung profesi
- Status pernikahan dapat ditulis jika dalam persyaratan menjadi syarat yang diutamakan
- Anggota Organisasi –> bisa dimasukkan, namun tulis tugas yang diemban dan sesuai dengan pekerjaan yang dilamr.