• UGM
  • Perpustakaan Pusat
  • Subject Guides
  • Peminjaman Ruang
Universitas Gadjah Mada Perpustakaan Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Pustakawan
    • Visi/Misi
    • Jam layanan
    • Perpustakaan Unit
    • Video testimoni tentang perpustakaan
    • Peta Perpustakaan FT UGM
  • Layanan
    • Multimedia
    • Permintaan bantuan pencarian artikel
    • Layanan “Scholarly Communications”
      • Grammarly
      • Layanan cek deteksi kesamaan dokumen
      • Scopus untuk Riset
      • Mindmap untuk Riset
      • Reference Management Software
      • Visualisasi Data
      • Manajemen data riset menggunakan Mendeley Data
      • Memilih Jurnal Target
      • Memantau artikel ilmiah terbaru menggunakan RSS dan Search Alert
      • Menulis menggunakan Latex
      • Menulis dengan Ms. Word/LibreOffice
      • Publikasi di Repository UGM
      • Mencari Dokumen Referensi
      • Meningkatkan Impact Publikasi
    • Diskusi Bersama Pakar
      • Tema Jurnal Internasional
      • Tema Menulis Ilmiah Populer
      • Tema How to write a better thesis
      • Tema Review Literatur
      • Tema Plagiarisme
      • Tema Paraphrasa
      • Tema Metode Penelitian
      • Tema Presentasi Ilmiah
      • Tema Tata tulis Ilmiah
    • Sirkulasi
      • Sirkulasi
      • Pinjam ke perpustakaan lain
      • Bebas Pustaka
    • Microsoft Innov. Center (MIC)
    • Pojok Baca “Buku untuk Semua”
    • Softskills Training
    • Umpan balik
    • Lain-lain
      • Kolaborasi
      • Library English Club
      • Pengabdian Masyarakat
  • Koleksi
    • Peta Sumber Informasi
    • e-Jurnal tiap Departemen
    • Top 20 Jurnal SJR berdasar Lab
    • => Daftar Lengkap Database yang dilanggan UGM
    • Koleksi Digital
      • Tugas Akhir Digital
      • Video Dokumenter
      • Karya Dosen ter-indeks Scopus
    • Koleksi tercetak
    • Sumber Digital Akses Terbuka
    • Jurnal diterbitkan FT UGM
    • PANDUAN SUBYEK (Subject Guides)
  • Fasilitas
    • Ruang
      • Ruang Studio Mini
      • Ruang Belajar dan Diskusi
      • Ruang Belajar Mandiri dan Diskusi Lantai 3
      • Ruang Olahraga
      • Ruang Diskusi Tertutup
    • Fasilitas Teknologi Informasi
      • Cloud-Online Apps.
      • Dukungan Eduroam
      • Layar LED
      • LiB-X: pencarian yang menyenangkan
      • MLibrary: library @yourphone
      • Akun Perpustakaan: perpanjang, lihat denda, pesan buku secara online
      • Personal Computer
      • Wifi UGMHotspot
      • Pojok Baca “Buku untuk Semua”
    • Tata tertib
      • Perpanjang pinjaman secara mandiri
      • Akses TA Digital
      • Tata-tertib dalam ruang
      • Peminjaman Ruang Diskusi & Podcast di Lantai 3
      • Peminjaman Ruang Diskusi (Lt.2)
      • Tata tertib unduh artikel
      • Sirkulasi
      • Bebas Pustaka
    • Scan – Print
  • RISET & PUBLIKASI
    • Grup Riset di FT UGM
    • Panduan PENULISAN ILMIAH FT UGM
    • Ranking Jurnal berdasar ScimagoJR
    • ARTICLE METRIC
    • Research Tools
    • Berbagai Indeks Jurnal
    • Konferensi bidang Teknik
    • Edas Conference RSS
    • SCOPUS FT UGM
  • Jadwal
  • Unduh
  • FQA
  • Beranda
  • Berita
  • Tiga menit proses HRD menyeleksi administrasi pelamar kerja

Tiga menit proses HRD menyeleksi administrasi pelamar kerja

  • Berita
  • 28 November 2017, 08.40
  • Oleh: admin
  • 0

Jika anda mahasiswa semester akhir, sudah sebaiknya mulai mempersiapkan berbagai hal untuk memasuki dunia kerja.

WhatsApp Image 2017-11-29 at 3.58.13 PM
Diskusi CV & Cover Letter

Perpustakaan Fakultas Teknik (FT) UGM secara rutin menyelenggarakan workshop dengan materi menarik dan pastinya sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Salah satunya adalah para Selasa (21/11) dengan pemateri Ria Aprilia Ariestiani, M. Psi., Psikolog (Supervisor People Development  ECC FT UGM) .

Menurut Ria, berdasar pengalamannya, ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar seleksi administrasi kerja bisa dilalui dengan baik. Wajib dilakukan oleh mahasiswa adalah menyiapkan “bank CV”. Bank CV merupakan history keseluruhan yang kita miliki, dari mulai riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, magang, project dosen, asisten praktikum, dan lainnya. Dengan memiliki “bank CV” akan lebih memudahkan kita untuk membuat CV yang spesifik sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin melamar pekerjaan, kita dapat mengambil beberapa data yg relevant dengan posisi dan perusahaan yang dilamar dari “bank CV” yang kita miliki.

Berikut ini beberapa catatan penting yang harus diketahui dalam pembuatan CV.

  1. Jangan terlalu panjang, CV sebaiknya berisi 1-2 halaman saja
  2. Hindari memasukkan informasi yg tidak terlalu penting (misal: judul “Curriculum Vitae” tidak perlu lagi dituliskan, tulisan “nama :”, “alamat:”, dll dapat digantikan dengan icon atau bisa juga langsung menuliskan nama dan alamat kita tanpa harus memberikan judul “nama:”
  3. Buatlah CV secara terstruktur (ada judul yg jelas di setiap bagiannya, misal: “Pengalaman Organisasi”, “Skills”, dll).
  4. Riwayat apapun pendidikan maupun organisasi diurutkan dari tahun terbaru.
  5. Riwayat pendidikan dimulai dari pendidikan terakhir, maksimal sampai SMA.
  6. IPK wajib dicantumkan.
  7. Tampilkan softskill/pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang kerja yang akan dilamar.
  8. Gunakan layout CV yang menarik.
  9. Hindari penggunaan hiasan yang berlebihan sehingga mengalihkan perhatian.
  10. Background foto sebaiknya polos dan bukan foto selfie.

Tips diatas apabila diterapkan akan sangat membantu HRD dalam 3 menit menilai dan juga akan sangat berpengaruh positif terhadap potensi kelolosan seleksi administratif saat melamar pekerjaan.

Slide diskusi CV dan Cover Letter ini dapat diunduh di http://lib.ft.ugm.ac.id/?wpdmdl=4854

Selain itu, berikut beberapa hal lain yang harus dilakukan pelamar, sebelum melamar atau nantinya melakukan wawancara.

  1. Baca baik-baik informasi lowongan dan pastikan kita tahu kepada siapa surat lamaran harus ditujukan
  2. Cari tau lebih dalam terkait posisi yang anda lamar dan perusahaan yang ingin anda tuju
  3. Gunakan kalimat yang menunjukkan antusias kita untuk melamar kerja diperusahaan tersebut. (misalnya: saya sangat tertarik untuk…)

Hal yang paling penting dari semua tips diatas adalah proses review, yaitu mengoreksi kembali sebelum benar-benar mengirim lamaran kerja. Mengingat model pengiriman lamaran kerja yang
biasanya disebar ke beberapa tempat sering terjadi kelalaian penulisan yang berakibat fatal. (Didin/PPL UIN, dengan editing)

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Data Nama Jurnal dan Prosiding Wadah Publikasi Sivitas Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM
  • Layanan luring terbatas (update 25 Oktober 2021)
  • Tujuh Artikel yang Perlu Dibaca Calon Mahasiswa Doktoral
  • Workshop series sumber referensi klaster Sains dan Teknik, Mei 2021
  • Obrolan buku Bersama Mengayuh Biduk: perjalanan hidupku bersama Sunarti
  • Tentang buku: Ngetung batih
  • Tentang buku: Saya tidak ingin kaya, tapi harus haya
  • Tentang Buku: HAMKA Filsuf Nusantara Terbesar Abad 20
  • Tentang Buku: Pasang Surut Recognisi Agama Leluhur dalam Politik Agama di Indonesia
Universitas Gadjah Mada

Perpustakaan Fakultas Teknik UGM
Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM, Yogyakarta 55281
Email: perpusft@ugm.ac.id | VOIP (internal): 82685 (Kepala), 82686 (R. Tesis Digital), 82697 (FrontOffice), 82696 (Sirkulasi)

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju