Jika anda mahasiswa semester akhir, sudah sebaiknya mulai mempersiapkan berbagai hal untuk memasuki dunia kerja.
Perpustakaan Fakultas Teknik (FT) UGM secara rutin menyelenggarakan workshop dengan materi menarik dan pastinya sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Salah satunya adalah para Selasa (21/11) dengan pemateri Ria Aprilia Ariestiani, M. Psi., Psikolog (Supervisor People Development ECC FT UGM) .
Menurut Ria, berdasar pengalamannya, ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar seleksi administrasi kerja bisa dilalui dengan baik. Wajib dilakukan oleh mahasiswa adalah menyiapkan “bank CV”. Bank CV merupakan history keseluruhan yang kita miliki, dari mulai riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, magang, project dosen, asisten praktikum, dan lainnya. Dengan memiliki “bank CV” akan lebih memudahkan kita untuk membuat CV yang spesifik sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin melamar pekerjaan, kita dapat mengambil beberapa data yg relevant dengan posisi dan perusahaan yang dilamar dari “bank CV” yang kita miliki.
Berikut ini beberapa catatan penting yang harus diketahui dalam pembuatan CV.
- Jangan terlalu panjang, CV sebaiknya berisi 1-2 halaman saja
- Hindari memasukkan informasi yg tidak terlalu penting (misal: judul “Curriculum Vitae” tidak perlu lagi dituliskan, tulisan “nama :”, “alamat:”, dll dapat digantikan dengan icon atau bisa juga langsung menuliskan nama dan alamat kita tanpa harus memberikan judul “nama:”
- Buatlah CV secara terstruktur (ada judul yg jelas di setiap bagiannya, misal: “Pengalaman Organisasi”, “Skills”, dll).
- Riwayat apapun pendidikan maupun organisasi diurutkan dari tahun terbaru.
-
Riwayat pendidikan dimulai dari pendidikan terakhir, maksimal sampai SMA.
-
IPK wajib dicantumkan.
-
Tampilkan softskill/pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang kerja yang akan dilamar.
-
Gunakan layout CV yang menarik.
-
Hindari penggunaan hiasan yang berlebihan sehingga mengalihkan perhatian.
-
Background foto sebaiknya polos dan bukan foto selfie.
Tips diatas apabila diterapkan akan sangat membantu HRD dalam 3 menit menilai dan juga akan sangat berpengaruh positif terhadap potensi kelolosan seleksi administratif saat melamar pekerjaan.
Slide diskusi CV dan Cover Letter ini dapat diunduh di http://lib.ft.ugm.ac.id/?wpdmdl=4854
Selain itu, berikut beberapa hal lain yang harus dilakukan pelamar, sebelum melamar atau nantinya melakukan wawancara.
- Baca baik-baik informasi lowongan dan pastikan kita tahu kepada siapa surat lamaran harus ditujukan
- Cari tau lebih dalam terkait posisi yang anda lamar dan perusahaan yang ingin anda tuju
- Gunakan kalimat yang menunjukkan antusias kita untuk melamar kerja diperusahaan tersebut. (misalnya: saya sangat tertarik untuk…)
Hal yang paling penting dari semua tips diatas adalah proses review, yaitu mengoreksi kembali sebelum benar-benar mengirim lamaran kerja. Mengingat model pengiriman lamaran kerja yang
biasanya disebar ke beberapa tempat sering terjadi kelalaian penulisan yang berakibat fatal. (Didin/PPL UIN, dengan editing)