sipil UGM

Diklat Curriculum Vitae: Let the people know how great you are

1506308803287ditulis oleh: Muhammad Rizky Nugroho

Jumat (22/9/17), BSO Cendekia Teknika FT-UGM menyelenggarakan Didikan Kilat Curriculum Vitae. Diklat ini menghadirkan Isna Pujiastuti, Mahasiswa Berprestasi favorit yang berasal dari Fakultas Geografi UGM sebagai pembicara. Diklat ini berlangsung di Ruang Diskusi Lantai 2 Perpustakaan FT UGM yang dihadiri mahasiswa FT UGM dan mahasiswa UGM. Diskusi ini dimulai dari jam 15.00 sampai dengan 17.45.

Diklat ini diadakan karena curriculum vitae (CV) adalah salah satu aspek penting untuk pendaftaran beasiswa, organisasi, kerja dan sebagainya. Selain itu, curriculum vitae juga dapat dikatakan sebagai “alat” yang dapat menjual diri kita ke orang lain.

Diklat dimulai dengan pembukaan lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara. Tips-tips yang diberikan oleh pembicara pada saat pemaparan materi tentang cara membuat CV yang baik dan benar antara lain:

  • Sesuaikan isi CV dengan kebutuhan, tentukan apakah kita akan membuat CV dengan format yang formal atau informal.
  • Pilih warna yang enak dilihat, jangan sampai hanya hitam putih ataupun berwarna mencolok yang menyebabkan tidak enak dilihat.
  • “Bunyikan CVmu”, yaitu menjabarkan setiap poin-poin di dalam CV dengan singkat dan padat serta jujur dalam setiap katanya.
  • Akhiri CV dengan mencantumkan Preference, yaitu orang yang dapat dipercaya untuk bisa ditanyakan tentang kebenaran CV kita.
  • Cari guru/pementor yang ahli dalam membuat CV sebagai tempat untuk konsultasi dan mengoreksi CV kita.

Setelah Pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Di dalam sesi ini terdapat jawaban-jawaban menarik mengenai CV diantaranya:

  • Jika pada saat kita ingin mendaftar sesuatu dengan melampirkan CV, sebaiknya mengikuti Template CV yang ada jika disediakan oleh panitia. Jangan mencoba-coba inprovisasi.
  • Alamat rumah yang dicantumkan ke dalam CV sebaiknya alamat yang akan kita tempati selama 6 bulan lebih. Jika kita sering berpindah-pindah tempat tinggal, sebaiknya cantumkan alamat rumah Orangtua.

Harapan kami setelah diadakannya Diklat ini supaya mahasiswa di UGM khususnya mahasiswa Fakultas Teknik dapat membuat CV dengan baik & benar dan mampu menjual CVnya untuk kemaslahatan diri masing-masing. (MUHAMMAD RIZKI NUGROHO/Cendekia Teknika FT UGM)

Trackback from your site.

Leave a comment